Featured Indeks Tips & Trik

5 Tips Pengecekan Kondisi Aki Motor

Aki merupakan piranti yang penting dalam sepeda motor, dimana ia berfungsi untuk menyalurkan atau mendistribusikan daya ke piranti elektronik yang membutuhkan. Aki sendiri terdapat 2 jenis, yaitu aki kering dan aki basah.

Kondisi aki yang benar-benar sudah tidak terawat, dapat menyebabkan masalah pada sepda motor sendiri. Salah satunya sistem starter yang mogok dan tidak mau dinyalakan. Sehingha kesulitan untuk menyalakan motor, distarter tetap mesin tidak menyala, sehingga harus dilakukan starter engkol manual untuk menghidupkan mesin.

Kondisi aki yang rusak jika diniarkan akan menimbulkan masalah pada sepeda motor yang bisa menyebankam masalah serius, untuk kondisi aki rusak parah  ditandai dengan tidak tersimpannya listrik ke dalam  aki.

Cek Ketinggian air Aki
Pengecekan ketinggian air aki dibutuhkan dalam memastikan kebutuhan air aki tercukupi, pengecekan bisa dilakukan 2x dalam sebulan. Pengecekan ketinggian air aki bisa dilihat secara kasat mata pada badan aki, pada lever ketinggian aki tidak lebih dan tidak kurang dari tanda level yang sudah ditentukan oleh pabrikan atau produsen aki.

Tujuan dari pengecekan level aki ini adalah untuk mencegah kerusakan pada aki dan dan memastikan tidak ada Sel-sel yang yang mengering dan kehabisan, dan selalu pada level yang ditentukan.

Rutin Mengecek dan Mengisi ulang Air aki dengan kualitas yang Baik
Untuk melakukan pengisian air aki, gunakan air aki yang berkualitas dan tidak sembarangan. Karena mengingat fungsi aki yang sedemikian penting ini. Pengisian air aki yang dilakukan secara serampangan dan tidak memperhatikan kualitas air aki dikhawatirkan berdampak pada kualitas aki dalam menyuplai elektrik ke berbagai part yang dibutuhkan, sehingga menyebabkan kualitas voltase yang dihasilkan sendiri kurang baik.

Pengecekan Kutub Aki
Pengecekan kutub aki diperlukan untuk menjaga kualitas daya hantar aki selalu terjaga. Kutub aki yang terkena korosi dan kotor menyebabkan daya hantar listrik aki menjadi terhambat, karena terdapat isolstor berupa korosi yang membuat listrik kesulitan mengalir. Pembersihan kutub aki bisa dilakukan sebulan 2x, tetapi untuk kondisi yang lebih urgent bisa dilakukan lebih cepat, semisal saat musim hujan. Pembersihan bisa dilakukan dengan menyemprotkan cairan pembersih WD40, dengan melepas terlebih dahulu kontak aki ke perkabelan motor.

Memanaskan Sepeda Motor setiap akan Digunakan
Setiap hari, motor perlu dipanaskan baik akan digunakan atau sedang tidak digunakan seharian. Memanaskan motor cukup 2-3 menit saja, dan tidak perlu dibleyer gas. Memanaskan sepeda motor sendiri dilakukan dengan tujuan agar oli bisa bersirkulasi keseluruh part motor, sehingga saat akan digunakan oli sudah dalam bersikurkulasi ke seluruh parts mesin secara optimal. Selain itu juga mengisi kembali listrik ke sistem aki sepeda motor.

Rutin Mengecekan Kondisi Kiprok
Setelah itu, kondisi kiprok perlu dipastikan apakah dalam kondisi baik atau tidak. Ciri dari kiprok yang sudah aus atau kurang baik fungsinya adalah motor sering kehabisan tenaga atau ada piranti yang sering putus seperti lampu, meskipun setelah dicek kondisi masih dalam kondisi yang bagus. Jika demikian, kemungkinan besar ada masalah pada sistem kiprok sepeda motor. Dan solusinya adalah ganti dengan yang baru. Jika tidak, tentu lambat laun akan mempengaruhi kinerja aki dan dikhawatirkan masalah bertambah melebar ke sistem aki. (JH/MIN)

Related posts

Tengku Erry Jelaskan Soal Honor Guru

5 Tips Desain Ruang Tidur & Istirahat yang Nyaman

Ahmad Arif Heran : Retribusi Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB) dan Reklami Hilang

Review Yamaha Aerox 155 2017 Terkini

7 Dekorasi apik untuk Kamar tidur si Kecil

Tips Merawat motor Klasik Terkini

Leave a Comment

Login

X

Register