Featured Indeks Tips & Trik

6 Kesalahan dalam Renovasi Interior

Seperti apapun desain interior yang diinginkan, konsep dan pemahaman fundamental diperlukan agar dalam proses merealisasikan desain interior yang diinginkan menjadi efisien dan efektif dari sisi waktu dan produktivitas.

Pemahaman yang kurang akan Hal-hal yang dapat merusak tatanan interior dapat menjadikan proses renovasi interior ini bermasalah, atau minimal akan terjadi ketimpangan dan hasil yang tidak sesuai dengan keinginan. Untuk itu diperlukan bukan hanya pengetahuan akan konsep dasar renovasi saja, tetapi juga pemahaman akan Hal-hal apa saja yang bisa mengakibatkan kegagalan atau minimal ketimpangan dalam merealisasikan konsep renovasi interior tersebut.

Di artikel ini Kita akan bahas tentang beberapa kesalahan dalam renovasi Interior yang umum ditemui.

Kesalahan dalam Mengonsep Desain Interior
Seperti memadukan konsep ruangan lebih dari dua konsep akan membuat kesan nuansa ruangan menjadi blur. Gunakan maksimal dua konsep ruangan saja untuk memberikan paduan konsep ruangan yang ekuivalen, misalnya industrial dengan minimalis, retro dengan futuristik, dsb. Penggabungan konsep ruangan yang lebih dari itu atau penggabungan konsep ruangan yang tidak sesuai akan menimbukan ketimpangan pada konsep desain.

Komposisi Ruangan yang Kurang Tepat
Komposisi adalah gabungan dari beberapa paduan desain Interior seperti pencahayaan, pewarnaan, viewpoint, dan penempatan barang. Kesalahan dalam hal komposisi yang dimaksud adalah ketimpangan atau ketidak sesuaian dalam pemilihan dan penggabungan Faktor-faktor diatas. Karena setiap warna memiliki karakter sendiri, tiap pencahayaan memiliki efek dan sudut pantul sendiri, dan penempatan layout barang turut mempengaruhi penempatan dan jenis lampu pencahayaan yang dipilih, maka penting untuk memperhatikan keseimbangan pemilihan faktor diatas.

Pemilihan Barang pribadi sebagai Aksesories
Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, pemilihan barang pribadi atau hobi yang diletakkan diruangan gunakan barang yang memang menggambarkan diri dan karakter Kita, dan cukup gunakan 2 atau 3 saja.

Perpaduan Furniture yang tidak sesuai
Satu lagi kesalahan yang umum dilakukan pada konsep interior adalah memilih tema furniture yang tidak sesuai dengan konsep ruangan. Untuk itu pilihkan furniture set yang memiliki kesamaan tema ruangan, untuk warna tidak perlu harus sama persis dengan warna dinding interior, yang penting paduan tema nya sesuai.

Dekorasi yang Berlebihan
Pemberian dekorasi ruangan dan dinding yang berlebihan malah akan mengaburkan kesan inti dari konsep interior yang sudah digagal, usahakan membeikan dekorasi ruangan dan dinding yang apik  “seperlunya” tanpa mengaburkan kesan inti dari konsep interior yang sudah digagas.

Kesalahan Penempatan & Pengukuran Barang
Kesalahan dalam desain interior kedua adalah kesalahan dalam hal layout dan pengukuran barang. Penempatan barang penting diperhatikan, selain dengan mempertimbangkan ukuran barang, juga kegunaan barang itu sendiri. Barang berukuran besar dengan kecil perlu diproporsikan penempatannya, kemudian barang yang paling sering digunakan bisa ditempatkan kan di area yang mudah dijangkau, kemudian untuk yang jarang digunakan bisa diletakkan di pojok ruangan.

Penempatan barang juga memiliki arti penting dalam mendesain ruangan, penempatan barang mampu memberikan kesan dan estetika tertentu, terutama penempatan figura dan lukisan dinding. Penempatan barang yang kurang tepat dan terkesan “Asal-asalan” tidak akan mampu menyampaikan pesan yang dimaksudkan dari penataan barang itu sendiri.

Kesalahan penempatan barang yang umum dilakukan adalah menempatkann furniture seperti sofa set, rak, atau kabinet dengan posisi yang berhimpitan langsung ke dinding, tanpa mempertimbangkan estetika penataan ruangan, sehingga membiarkan area tengah ruangan kosong.

Demikianlah artikel tentang 6 kesalahan dalam renovasi interior, semoga dapat memberi wawasan dan pengetahuan tambahan agar mampu memahami dan menghindari Hal-hal yang dapat merusak tatanan desain  interior karena kurangnya pemahaman akan bidang tersebut. (JH/MIN)

Related posts

Fuad Ginting : Mahar di Pilkada itu Awal Korupsi

Review Honda Sonic 150 R 2017 Terkini

Gubsu Erry Nuradi Jawab Kritik Soal Pembangunan Sumut

5 Tips Desain Ruang Tidur & Istirahat yang Nyaman

Tips Pencahayaan Kamar Tidur atau Istirahat

Tengku Erry Nuradi dan Ustadz Maulana Meriahkan Maulid Nabi di Medan

Leave a Comment

Login

X

Register