Featured Indeks Otomotif Tips & Trik

Langkah Pemasangan GPS di Mobil

GPS merupakan perangkat yang memiliki fungsi untuk mendapatkan dan menentukan lokasi atau letak geografis dari suatu perangkat yang sudah ditentukan atau disetting, secara realtime menggunakan jalur media transmisi global satelit, dengan terlebih dahulu melalui serangkaian proses trasmisi transmitter dan receiver yang ada.

Penggunaannya saat ini sudah banyak dan meluas bukan hanya pada kebutuhan khusus institusi saja, tetapi juga pada penggunaan casual pada sektor transportasi umum baik publik maupun pribadi seperti mobil, sepeda motor, dan Aplikasi-aplikasi location-based tertentu baik berbasis desktop maupun mobile yang memanfaatkan adanya fitur GPS ini.

Pemasangan perangkat GPS sendiri di mobil membutuhkan keterampilan dan pemahanan yang cukup agar tidak membuat kerusakan pada bagian spare part yang ada pada di sistem mobil itu sendiri, terutama pada sektor kelistrikan. Di artikel ini akan dibahas tahapan apa saja yang perlu dilakukan untuk merakit sebuah sistem GPS di mesin mobil beserta penjelasan singkatnya. Selamat membaca.

Mempelajari dan Memahami Pandual di Buku Manual
Langkah paling pertama yang harus dilakukan untuk pemasangan sistem GPS sendiri adalah mempelajari buku manual dari mesin mobil itu sendiri, dan juga buku manual piranti GPS yang ada. Buku manual merupakan pedoman penting yang berisi penjelasan produk, sistem pengkabelan / elektrikal, skema bagan alur sistem, troubleshooting, dan penjelasan lainnya.

Pahami Kelistrikannya
Langkah kedua yang perlu dipersiapkan untuk memasang piranti WIFI adalah mempelajari dan memahami sistem kelistrikan yang ada pada kendaraan mobil yang digunakan. Perangkat Tester atau buku manual diperlukan untuk melakukan hal ini. Piranti GPS menggunakan sistem kelistrikan mobil yang ada dan tentunya hal yang harus diperhatikan adalah kesesuaian GPS yang akan digunakan dengan sistem kelistrikan yang ada.

Persiapan Alat dan Bahan
Langkah ketiga yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan berbagai piranti, alat, dan bahan yang akan digunakan dalam proses pemasangan atau instalasi piranti GPS di sistem mobil ini. Perangkat berupa GPS, pengkabelan, dan komponen elektrik / elektronik lainnya terkait perangkat GPS perlu dipersiapkan dengan baik.

Instalasi Sistem GPS
Adapun langkah keempat adalah proses instalasi atau pembuatan sistem GPS yang akan dibuat, meliputi sistem pengkabelan, pemasangan, jalur sirkuit elektrik, dan pemasangan serta posisi piranti GPS sendiri. Pemasangan GPS ini harus dilakukan dengan teliti dan benar, karena kesalahan teknis saat instalasi, baik saat pengkabelan, pengurutan kode kabel, penentuan jalur (+) (-) atau grounding yang salah, memungkinkan terjadinya masalah bahkan bisa sampai pada tingkat kerusakan elektrikal dan piranti GPS di sistem listrik yang ada di mobil sendiri. Untuk itu harus diperhatikan Betul-betul untuk langkah di tahap Instalasi atau pemasangan ini.

Pengujian Sistem GPS
Setelah piranti berhasil terpasang nanti, maka monitoring GPS sudah bisa dilakukan dengan perangkat aplikasi atau web-based, dengan alamat atau pengaturan yang sudah disesuaikan sebelumnya.

Kesimpulan
Proses GPS sendiri membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian dalam prosedur pemasangannya. Oleh karena itu, buku manual menjadi media yang sangat penting sebagai panduan guna memahami dan menentukan sistem GPS yang akan dipasang nantinya, baik buku manual piranti GPS maupun kendaraan mobil itu sendiri. Untuk kemudahan instalasi, bisa menggunakan GPS Tracker yang sudah menyediakan jasa instalasi atau pemasangan produk tersebut.

Demikian artikel tentang Langkah Pemasangan GPS di mobil, semoga bermanfaat. (JH/MIN)

Related posts

Akademisi Menilai Sihar Sitorus Paham Membangun Sumut

7 Dekorasi apik untuk Kamar tidur si Kecil

Tutorial Membersihkan AC Mobil

6 Mobil “Murah” di Indonesia

Nota Jawaban Walikota Medan di Rapat Paripurna DPRPD Medan

Tips Merawat motor Klasik Terkini

Leave a Comment

Login

X

Register