Featured Indeks Otomotif Review

Review Honda Sonic 150 R 2017 Terkini

Honda Sonic 150 R 2017 diklaim akan menjadi rival Suzuki Satria FU itu. Memang benar, PT AHM sendiri memang menyiapkan Honda Sonic 150R untuk bersaing di segmen bebek sport ber CC 150.

Sonic 150R ini merupakan reinkarnasi dari Nova Sonic 125 yang sudah melegenda dan sempat terbukti baik sepak terjangnya sebagai motor ayago Indonesia. Honda 150R menyasar pasar dengan target middle-level, bersama dengan Satria F dan Yamaha MX King. Sonic 150 R menggunakan konstruksi mesin DOHC 4-Valve berkubikasi sebesar 149,16 cc. Dengan teknologi andalan Programmed Fuel Injection (PGM-FI) guna memberikan efiensi bahan bakar dan ramah lingkungan. Seperti apakah kelebihan Honda Sonic 150 R 2017 ini ?

Bodi
Honda Sonic 150R mengusung konsep desain bodi yang terlihat flat, dan futurstik. Hal ini terlihat dari Headlamp yang ada di motor tersebut. Untuk stang atau kemudi, memberikan kenyamanan layaknya motor berjenis ayago. Dengan jok yang cukup embuk dan tidak terkesan “sempit”.  Pada bagian belakang, buritan Honda Sonic 150R, desain rearlamp dibuat menyatu dengan beamlight, dengan spakboard yang berbentuk flat.

Dengan bentuk bodi yang ramping, cocok untuk berkendara dijalanan padat perkotaan yang membutuhkan teknik berkendara yang stop-and-go. Dengan ukuran bodi .944 x 669 x 977 mm , dan bobot sekitar 114 kg.  Untuk bahan bakar sendiri, Sonic 150R mampu menampung bahan bakar dengan kapasitas maksimal 4 liter.

Suspensi
Dengan pijakan yang tangguh. Di sektor suspensi depan, Honda 150R mengusung piranti suspensi teleskopi, dengan suspensi belakang mengusung piranti suspensi mohoshock. Untuk sistem pengereman sendiri, baik di rem depan maupun rem belakang menggunakan sistem Cakram (Disc Brake). Di sektor Belg dan Ban, Honda 150R menggunakan Velg berdiameter 17” (inci) dengan ban depan berukuran 70/90 dan ban belakang berukuran 80/90.

Headlamp
Untuk sektor Headlamp sendiri, Honda 15 R ini dibekali dengan headlamp berjenis LED yang mampu menghasilkan cahaya yang cukup terang tapi tidak membuat silau.

Di sektor Gas Buang, Honda Sonic 150R disematkan Muffler yang cukup apik dengan suara yang cukup nyaring.

Speedometer
Untuk sektor panel sendiri, Honda 150R menggunakan panel full digital yang cukup lengkap dan detail, yang memiliki bentuk trapesium dengan jenis LCD full digital, yang di bagian utama panel terdiri dari indikasi speedometer dan trip meter. Indikasi fuel, terdapat di sebelah kiri. Indikasi Gigi N, beamlight, dan mainlight, serta indikasi oil disematkan dibagian atas panel. Untuk shutter key, disematkan dibagian bawah tengah panel Honda Sonic 150R ini.

Mesin
Untuk sektor mesin Honda Sonic 150R mengusung mesin DOHC 4-langkah dengan 4 katup mengunakan 1 silinder , dan mesin berkubikasi  sebesar 149,16 cc. Rasio komperssinya 11,3:1 dengan tenaga maksimal 11,8 kW  16 Ps pada 9.000 RPM, torsi maksimal 13,5 Nm pada 6.500 RPM.

Honda Sonic 150R mengusung transmisi manual enam percepatan, yang mengusung sistem injeksi sistem Programmed Fuel Injection (FI).   Honda Sonic 150R diklaim memiliki konsumsi bahan bakar yang irit, perbandingannya 45 km/liter.

Kesimpulan
Honda Sonic 150R 2017 ini merupakan pilihan tepat bagi mereka yang menginginkan motor “ayago” dengan bodi ramping, dan desain futuristik.

Untuk kelengkapan fitur panel yang sudah mengusung desain futuristik : full digital, muffler dengan keluaran suara yang mantap, menjadikan motor ini pertimbangan yang baik disamping rivalnya, Suzuki Satria F yang mengusung konsep DOHC 6 percepatan, atau Yamaha MX-King yang menyediakan varian motor “gambot” yang tentunya cocok untuk mereka yang menginginkan motor dengan dimensi dan bobot lebih besar.

Honda Sonic 150R 2017 hadir dalam 4 varian : Spartan Black, Neo Magenta, Energetic Red, Spartan White. Harga Honda Sonic 150R ini dibanderol dengan nominal Rp 21,2 juta OTR Jakarta. Adapun harga tersebut bisa Berubah Sewaktu-waktu sesuai geografis Masing-masing wilayah. (JH/MIN)

Related posts

Nota Jawaban Walikota Medan di Rapat Paripurna DPRPD Medan

Bukalapak Temui Ratusan Pelapak di Medan

Gubernur Tengku Erry Nuradi Hadiri Natal Dprd Sumut

Penyimpangan Kewenangan di UIP II Sumut Rugikan Negara

5 Tips Desain Ruang Tidur & Istirahat yang Nyaman

Harbolnas! Ini Tips Supaya Berbelanja Online Aman Dari Penipuan

Leave a Comment

Login

X

Register