Featured Indeks Tips & Trik

Tips Merawat motor Klasik Terkini

Motor klasik memang selalu identik dengan keindahan dan elegan, selain itu juga nilai dari sebuah motot klasik dilihat dari perawawatan spare part dan kebersihan motor itu sendiri.

Banyak pemilik sepeda motor “antik” legendaris menyematkan dan memodifikasi sepeda motor “antik” kesayangannya dengan berbagai atribut seperti knakson variasi, jok variasi, striping, ban dan velg variasi, sampai ubahan mesin.

Pada artikel kali ini yang akan dibahas adalah tentang 10 Tips Perawatan Motor Klasik, agar dengan artikel ini diharapkan menambah wawasan pembaca agar lebih awas terhadap sepeda motor “antik” kesayangannya, agar lebih kece.

Cek kebersihan Aki
Aki merupakan hal yang cukup penting dalam perawatan sepeda motor dan mempunyai peran memberikan daya listrik terrhadap parts yang membutuhkan, terutama untuk motor klasik yang harus dijaga kualitasnya. kualitas aki sepera motor sendiri sendiri harus selalu dicek dan dijaga, mulai dari kualitas tegangan yang dikeluarkan, kebersihan terminal, dan cek ketinggian dari air aki tersebut.

Cek Kondisi Baut dan Mur
Kondisi baut dan mur perlu dijaga, kondisi baut dan mur ini yang perlu dicek antara lain adalah kebersihan dari baut dan mur dari korosi, dan kerenggangan baut. Baut dan mur yang lama tidak pernah dibuka pasti akan kesulitan saat akan dibuka lagi, oleeh karena itu maintenance mesin bulanan yang rutin dilakukan bisa memilimalisir dari kesulitan saat pembongkaran Baut-baut yang ada, karena baut dan mur yang lama tidak dibuka akan menjsdi keras dan regas. Selain itu, pemyemprotan WD juga diperlukan untuk membersihkan baut dan mur dari sepiran logam dan korosi.

Cek Kabel dan Kelistrikan
Kabel dan Kelistrikan merupakan hal yang penting untuk dilakukan, pengecekan kabel bisa dilakukan dengan mengecek kabel yang kendur dan mengelupas. Pastikan untuk mengecek kabel tidak ada yang mengelupas dan rusak. Selalu mengisolasi kabel yang mengelupas dan rusak agar tidak terjadi korsleting.

Cek Distribusi Bahan Bakar
Busi merupakan komponen yang penting, selalu mengecek busi setiap sebulan sekali atau setiap beberapa ribu KM spidometer berjalan. Jika kondisi busi sudah menghitam, lakukan pembersihan kawat dan lap, atau bisa diganti dengan yan baru. Ciri busi yang sudah kurang baik adalah percikannya pelan.

Servis Rutin
Motor klasik juga membutuhkan perawatan yang sama dengan motor saat ini. Perawatan mesin harus dilakukan dengan melakukan service rutin yang bisa dilakukan di bengkel. Servis rutin diperlukan untuk menjaga kondisi mesin tetap prima. Servis rutin meliputi penggantian busi, kampas rem, tali kopling, tali gas, dan beberapa part kecil lainnya yang umumnya memiliki siklus  pakai pendek. Dengan melakukan servis rutin tentu akan menjaga kualitas dan performa motor tetap prima dan lincah.

Pengecekan Debit  Tanki Bahan Bakar
Pengecekan bahar bakar dilakukan dengan memastikan bahwa debit bensin di tankibbahan bakar memenuhi kapasitas minimal yang dianjurkan. Bila dibiarkan kosong, untuk jangka waktu yang agak lama, kemungkinan akan menimbulkan embun di area tanki bahan bakar yang menyebabkan masalah pada saat pencampuran bahan bakar dan udara di karbu nanti, Lebih-lebih saat proses kompressi terjadi di blok piston. Untuk itu selalu pastikan tanki bahan bakar tidak Benar-benar kosong, minimal terisi sesuai dengan batas minimal yang dianjurkan.

Related posts

Cerita Ini Menjadi Bukti Kecintaan Sihar pada Dunia Sepakbola

Review Oppo F3 Terbaru

Langkah Pemasangan GPS di Mobil

Review Yamaha Aerox 155 2017 Terkini

Harbolnas! Ini Tips Supaya Berbelanja Online Aman Dari Penipuan

5 Tips Pengecekan Kondisi Aki Motor

Leave a Comment

Login

X

Register