Featured Indeks Tips & Trik

Tutorial Membersihkan AC Mobil

Air Conditioner atau biasa Kita sebut AC, selain berfungsi mendinginkan, juga mengalirkan udara sehat di sekitarnya. Penggunaan AC saat ini meluas bukan hanya pada AC Indoor / Outdoor rumahan, tetapi juga mobil, bahkan bus menggunakan AC.

Pendinginan yang dihasilkan juga udara sejuk yang mampu dihasilkan membuat AC ini menjadi pendinginan yang sangat dibutuhkan, disamping juga ramah lingkungan. Tapi bagaimana cara untuk melakukan perawatan AC sendiri, agar AC tetap awet terjaga dan mengantisipasi dari kerusakannya.

Di artikel kali ini akan dibahas tentang perawatan AC, silahkan disimak artikel ini hingga selesai agar bisa melakukan perawatan AC sendiri sedini mungkin.

Siapkan Alat dan Bahan
Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan untuk keperluan pembersihan Air Conditioner Mobil / Evaporator ini adalah : Lap Majun bersih, Cairan Liquid Spray Pembersih Evaporator, baki berisi air (opsional, untuk keperluan Bersih-bersih pasca penyemprotan),  kuas (opsional, jika dibutuhkan), dan jangan lupa siapkan buku manual untuk panduan pembongkaran (dissassembly) AC Mobil, Filter Udara, dan Evaporator.

Buka Filter AC
Matikan terlebih dahulu mesin mobil, kemudian cari lubang dimana tempat hisap udara AC berada, dan letak filter udaranya. Umumnya, filter AC mobil letaknya di area belakang di baki glove. Prosedur pembongkaran AC Mobil bisa dicek di buku manual yang ada. Cek kondisi filter AC dari korosi, dan jika sekiranya perlu diganti, maka ganti dengan yang baru. Kemudian semporkan dan bersihkan dengan liquid spray pembersih evaportor. Kemudian selipkan slang sprayer mendekati blower AC, dengan tujuan agar pemyemprotan tepat mengenai blower yang ada.

Nyalakan dan Atur Suhu AC
Setelah memposisikan spray tepat menghadap ke arah blower, maka Kita perlu membuka semua Kisi-kisi ventilasi AC dan jendela mobil yang ada. Kemudian nyalakan AC dan atur suhu ke paling dingin dan hembusan blower yang paling tinggi.

 

Semprotkan Sprayer Evaporator
Langkah selanjutnya adalah menyemprotkan cairan liquid pembersih evaporator. Cairain ini akan membentuk foam pada saat disemprotkan. Setelah proses pemyemprotan dengan cairan pembersih evaporator selesai, biarkan AC dan mobil menyala untuk beberapa waktu, 5 sampai 10 menit.

Dalam kurun waktu tersebut, Kita bisa membersihk.an air yang keluar dari ventilator pada saat proses penyemprotan tadi berlangsung. Jika AC mobil memang tidak memiliki masalah elektrik, maka seharusnya AC akan menjadi lebih dingin, karena korosi / kotoran penyumbat AC mobil akan keluar bersamaan dengan cairan liquid pembersih yang Kita semprotkan tadi.

Kesimpulan
Pembersihan AC mobil diperlukan guna mendapatkan pendinginan yang tetap bekerja dengan optimal. Sama seperti sistem Air Conditioner (AC) pada umumnya, AC Mobil / Evaporator yang tidak mendapatkan perawatan dengan rutin dapat mengakibatkan pendinginan yang dihasilkan kurang maksimal. Untuk itu pengetahaun dan perawatan rutin yang dilakukan terhadap AC Mobil / Evaporator sangat penting, agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

Jika setelah proses pembersihan diatas AC belum terlihat ada perubahan pada sistem pendinginan AC yang digunakan, bisa dikonsultasikan ke bengkel AC langganan atau terdekat untuk pengecekan lebih lanjut. Masalah yang biasa muncul bisa diakibatkan karena freon atau ada permasalahan pada blok kompressor.

Sebaiknya pada tahapan ini Kita tidak melakukan pembongkaran lebih lanjut, karena dikhawatirkan akan menimbulkan masalah baru dan mengakibatkan kerusakan pada komponen yang lain. (JH/MIN)

Related posts

Bukalapak Temui Ratusan Pelapak di Medan

Serikat Pekerja Transportasi datangi Disnaker Sumut

Tengku Erry Jelaskan Soal Honor Guru

Tips memilih Warna untuk Interior

Nota Jawaban Walikota Medan di Rapat Paripurna DPRPD Medan

Harbolnas! Ini Tips Supaya Berbelanja Online Aman Dari Penipuan

Leave a Comment

Login

X

Register