Featured Indeks Tips & Trik

Tutorial Pengecatan Interior yang Baik

Pengecatan merupakan kegiatan renovasi yang penting dilakukan dan merupakan keterampilan dasar yang perlu dipahami sebelum melakukan renovasi interior dengan baik.

Keterampilan mengecat bukan tentang memilih dan memadukan warna dengan baik, tetapi juga tentang menghasilkan finishing cat dinding yang halus, tidak bergelombang, menutupi seluruh celah dinding, dan tentunya memberikan kombinasi finisihing yang apik.

Proses pengecatan yang dilakukan dengan sapuan yang tipis tapi Berulang-ulang, agar hasil akhirnya bisa pekat.

Membersihkan Permukaan Dinding
Bersihkan permukaan dinding yang akan dicat dari kotoran dan debu, pastikan bahwa permukaan dinding yang akan dicat bersih dari kotoran. Kemudian tebar plastik atau dus berukuran lebar yang memanjang dilantai untuk menampung bercakan cat yang berceceran agar tidak tumpah dilantai. Untuk bingkai, frame, figora di dinding bisa dipisahkan dulu atau diamankan.

Isolasi Kontak Listrik
Untuk perangkat stop kotak, bisa dilapisi dengan isolasi dan pastikan bahwa daerah sekitar stop kontak maupun lubang stop kontak tertutupi dengan isolasi. Hal ini ditujukan untuk menghindari percikan cat yang tumpah. Cat yang berceceran ke stop kontak bisa membahayakan jika sampai terjadi korsleting pada piranti kelistrikan.

Dempul Area yang Berlubang Kecil
Untuk area tembok yang berlubang gunakan dempul yaitu semacam pasta yang berfungsi untuk menutup celah atau lubang pada tembok, yang dengannya memudahkan proses pengecatan. Karena jika pengerjaan dempul dilakukan sesudah pengecatan seluruh dinding. Ini akan menjadi pekerjaan yang menyusahkan, belum lagi proses membersihkan hasil dempul jika dempul dilakukan seusai mengecat.

Pengamplasan Hasil Dempul
Lakukan pengamplasan hasil dempul tadi dengan amplas halus atau sedang, guna membersihkan permukaan hasil dempul agar tidak kasar dan bergelombang. Lakukan pengamplasan dengan Hati-hati dan Perlahan-lahan, tidak perlu Tergesa-gesa, agar mendapakan hasil yang maksimal dari pengecatan yang nanti akan dilakukan di Interior ini.

Plester Area yang Berlubang Cukup Besar
Untuk lubang / bekas paku berukuran besar, bisa diplester dengan menggunakan adukan dari semen dan pasir. Caranya bersihkan dahulu lubang, kemudian basahi sedikit, dan adukan semen dan pasir tadi diberi air laku dimasukkan ke lobang tersebut, kemudian ratakan menggunakan cetakan untuk plester, yang terbuat dari bahan plastik. Ratakan adukan tadi / plester hingga halus. Tunggu hingga kering, kemudian diaci / beri adukan semen yang sudah diberi air, oleskan sama seperti melakukan plester menggunakan adukan pasir dan semen tadi.

Amankan bagian Dinding yang lain dan Mulai Lakukan Pengecatan
Pengecatan bisa dimulai, aduk kaleng cat dengan sedikit air sesuai komposisi yang dibutuhkan. Sebelumnya, area yang belum akan dicat sebaiknya dilapisi plastik atau ditutup agar biar, agar cipratan cat tidak mengenai dinding yang lainnya. Begitupun sudut ruangan.

Gunakan warna dasar Putih
Pastikan untuk menggunakan warna dasar putih sebagai warna dasar sebelum pengecatan dengan warna lain. Setelah seluruh dinding diberi warna cat putih, barulah menimpa hasil cat putih dengan warna cat lain yang diinginkan. Hal ini bertujuan untuk memberikan finishing yang sesuai dengan warna yang diinginkan. Karena pengecatan warna solid tanpa dasar putih, hasilnya akan kurang sesuai dengan warna yang diinginkan.

Cat tipis, kemudian Timpa, dan Ulangi
Pengecatan yang baik adalah dilakukan dengan sedikit, yaitu secara tipis terlebih dahulu, sapukan ke seluruh dinding. Setelah kering, ulangi proses pengecatan tipis, lakukan sampai 2x atau 3x hingga hasil akhirnya cukup pekat.

Bersihkan hasil finishing
Hasil finishing cat, lakukan sedikit pembersihan dengan kain halus atau sebagainya, tujuannya adalah menghaluskan permukaan hasil cat dinding jika ada yang agak kasar atau bergelombang. Tapi usahakan lakukan ini saat cat di dinding sudah Benar-benar kering, atau hampir kering. (JH/MIN)

Related posts

Tips Merawat motor Klasik Terkini

Fuad Ginting : Mahar di Pilkada itu Awal Korupsi

5 Tips Pengecekan Kondisi Aki Motor

Walikota Umar Zunaidi : Kendaraan Dinas Jangan Tinggal Rodanya Saja

Gubernur Tengku Erry Nuradi Hadiri Natal Dprd Sumut

Ahmad Arif Heran : Retribusi Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB) dan Reklami Hilang

Leave a Comment

Login

X

Register